Bertanam Jati, Pilihan Berinvestasi

Dari sekian banyak jenis kayu yang sering kita pakai untuk bahan bangunan, furnitur dan banyak lagi kegunaan lainnya, kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang termasuk terbaik dan mewah. Terbaik karena memiliki kualitas kekuatan dan keawetan yang baik. Sedang mewah karena kayu jati memiliki harga yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Sehingga pada saat dulu, ketika melihat rumah yang berbahan dari kayu jati maka sudah dapat kita tebak status dari pemiliknya.

Tanaman jati berkembang cukup baik di Indonesia, dan diperkirakan telah ada di Indonesia khususnya di Pulau Jawa sejak ratusan tahun yang lalu. Pada saat ini tanaman jati sudah berkembang di banyak negara, seperti Burma, Thailand, Ghana, Argentina, Brasil, dan masih banyak lagi negara-negara di dunia yang mulai membudidayakan tanaman jati ini. Di Indonesia sendiri, tanaman jati tersebar di Pulau Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTB, Maluku, Lampung dan Bali.

Pada masa lalu sebelum teknik budidaya tanaman belum berkembang sedemikian modern seperti pada saat ini, jenis tanaman jati yang ditanam oleh masyarakat ataupun oleh perusahaan perkebunan swasta masih berupa jati alam yang memiliki umur panen sampai lima puluh tahun. Biasanya metode pengembangbiakan jati ini dengan menggunakan biji.

Dalam artikel ini hanya akan dibicarakan tentang tanaman jati yang memiliki umur pendek, yaitu dalam waktu 15 tahun sudah dapat dipanen kayunya. Jenis jati ini menggunakan metode pengembangbiakan menggunakan kultur jaringan.

Bibit Jati Berumur Pendek

Saat ini sudah banyak produsen benih jati yang menawarkan bibit jati yang berumur pendek, seperti Perhutani dan PT. Monfori Nusantara, dan perusahaan swasta lain serta pembudidaya benih dari kelompok masyarakat.Bibit Jati

Merk dagang dari bibit-bibit jati berumur pendek ini banyak ragamnya, antara lain Jati Super (PT. Monfori Nusantara), Jati Plus Perhutani (Perhutani), Jati Mas (kolaborasi dengan lembaga penelitian), Jati Unggul dan Jati Prima. Anda tentu bebas untuk memilih dari merk-merk dagang bibit jati ini, tetapi perlu waspada karena saat ini banyak bibit jati yang dipalsukan, yaitu dari indukan yang tidak jelas meskipun harga yang ditawarkan lebih murah.

Kondisi Ekologi yang Diperlukan

Untuk penanaman jati dalam areal yang luas, maka sebagaimana tanaman perkebunan lainnya persyaratan ekologis mutlak diperlukan. Ini lebih pada tingkat keberhasilan penanaman jati yang kita laksanakan.

Sebenarnya tanaman jati tidak memerlukan kondisi tanah dengan topografi yang terlalu menuntut, tetapi akan lebih baik apabila tanah pada kisaran kemiringan lereng dari datar sampai maksimum 20%. Ini juga dalam kaitan mencegah terjadinya erosi besar-besaran saat tanah diolah untuk penanaman, sehingga tanah yang memiliki kemiringan curam tidak dibenarkan untuk dibuka.

Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman jati adalah tanah yang memiliki tekstur lempung, lempung berpasir atau liat berpasir, meskipun untuk beberapa jenis tanah tanaman jati masih dapat tumbuh dengan baik. Tanaman jati ini sangat menyenangi tanah dengan prorositas dan drainase yang baik, dan sebaliknya akan tumbuh tidak baik pada tanah-tanah yang tergenang.

Tanaman jati memerlukan curah hujan pada kisaran 750 – 2500 mm/tahun, meskipun untuk curah hujan > 3000 mm/tahun masih dapat tumbuh meskipun kekuatan kayu yang dihasilkan tidak terlampau baik. Saat ini saya sudah menanam jati berumur pendek ini dalam areal sekitar 10 hektar di Sukabumi yang memiliki curah hujan > 1500 mm/tahun. Suhu yang paling optimum untuk tanaman jati adalah sekitar 32 – 42 °C dengan kelembaban 60-80%.

Penanaman

Sebelum bibit jati ditanam, sebaiknya lahan dipersiapkan terlebih dahulu, dengan membersihkan dari rumput dan belukar. Akan lebih baik apabila tanah diolah terlebih dahulu. Kalaupun tidak diolah, maka areal tempat dibuat lubang harus bersih. Ukuran lubang adalah 40 x 40 x 40 cm atau kalau menginginkan lubang yang besar dapat dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm, dengan jarak antar lubang tanam yaitu setidaknya 2 x 2 m (populasi 2500 tanaman/ha) atau akan lebih baik jika 3 x 3 m (populasi sekitar 1100 tanaman/ha). Jarak tanaman ini akan mempengaruhi proses penjarangan tanaman, dimana semakin pendek jarak antar tanaman akan memerlukan penjarangan yang lebih banyak, hal ini dalam kaitan pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif dan generatifnya.

Lubang tanam yang telah dibuat kemudian diberi pupuk kandang dengan jumlah antara 5 – 10 kg/lubang. Apabila pupuk kandang yang kita gunakan masih mentah, sebaiknya bibit jati jangan langsung ditanam karena justru bisa mati.

Pada saat mau menanam, sebaiknya pada lubang tanam ditambahkan pupuk SP36 sebanyak 100 – 200 gr/lubang dan pupuk Urea 50 – 100 gr/lubang. Pupuk ini diaduk bersama dengan pupuk kandang dan tanah yang ada di lubang, baru setelahnya bibit jati dapat ditanam. Untuk lebih menjaga bibit jati dari serangan hama penyakit, dapat ditaburkan pestisida karbufuran seperti furadan atau merk dagang lainnya. Meskipun tanaman jati ini dapat tumbuh tanpa kita pupuk karena perakarannya yang memungkinkan untuk mencari hara yang diperlukan, tetapi akan lebih baik apabila setiap 6 bulan sekali selama minimal 3 tahun kita lakukan pemupukan dengan NPK dengan dosis sekitar 150 – 200 gr per tanaman.Tanaman Jati Umur , 1 Tahun

Perawatan lainnya adalah jangan biarkan banyak rumput di sekitar pohon, minimal dalam radius 1 m dari batang pohon. Lakukan pruning pada tunas-tunas yang tumbuh sampai ketinggian 4 – 5 m, sehingga pohon dapat tumbuh tinggi dan tidak bercabang.

INGAT : Lakukan penanaman jati pada saat awal musim hujan, sehingga prosentase tumbuh dari bibit ini akan lebih besar.

Pemanenan

Pemanenan tanaman jati berumur pendek ini sebenarnya dapat dilakukan pada saat umur 7 tahun, 10 tahun (disebut pemanenan dengan tujuan penjarangan) dan terakhir pada saat tanaman berumur 15 tahun. Tanaman jati memiliki tinggi pohon sampai 40 m dengan diameter 40 cm.

Pada pemanenan tahun ke-7 diperkirakan setiap pohon dapat menghasilkan sekitar 0,1 – 0,2 m3/pohon, pada tahun ke-10 menghasilkan sekitar 0,3 - 0,4 m3/pohon dan pada pemanenan tahun ke-15 dapat menghasilkan sekitar 0,8 – >1,0 m3/pohon.

Dengahn harga kayu jati yang semakin meningkat, maka tidak ada salahnya jika anda dapat berinvestasi dengan menanam tanaman jati ini. Yah hitung-hitung menabung dalam bentuk pepohonan.

About these ads

33 Tanggapan

  1. kalau ingin mendapat bibit jati dengan kualitas bagus saya harus membeli dimana?dan haraga perbatang bibit berapa.trims…

  2. Saya punya tanah seluas sekitar 6000 meter persegi, di daerah pegunungan, dengan kemiringan sekitar 20 %, jenis tanahnya tanah merah porous, dengan suhu sekitarnya sebesar 28 derajat celcius. Cocokkah ditanamai Jati Unggul Nusantara? Tks.

  3. saya mulai tanam jati dua bulan lalu.pupuk yg cocok untuk tanaman jati apa ya

    • @ Jati : masalah jenis pupuk saya kira sama saja, kalau ingin pupuk tunggal ya urea (unsur nitrogen), sp 36 (phosphor) dan kcl (kalium). tapi kalau ingin yang majemuk bisa pakai NPK (15:15:15). yang perlu diingat untuk bibit kultur jaringan masa 1 – 3 tahun harus benar-benar dikontrol.

      @ pak poedjianto : kalau jenis tanah porous memang yang diinginkan jati, tetapi kalau daerahnya terlalu tinggi (berapa dpl) dan curah hujan yang tinggi pula biasanya kualitas kayu jati nantinya kurang baik. untuk tanah yang terlalu miring, alangkah baiknya dalam penanaman perlu terasering. tentang jati unggul nusantara saya kurang tahu spesifikasinya

      @ pak anton : bibit jati yang baik banyak, ada jati super, jati mas dan masih banyak lagi. harga jati super lebih mahal dari jati mas, sekitar Rp. 12.500 – 15.000/batang tinggi 30-40 cm. tetapi untuk saat ini harus hati2 memilih bibit, karena terlalu banyak bibit yang dijual dengan nama sama tetapi asal usul bibit tidak benar.

  4. mas, minta tolong, mau pesan bibit jati super tinggi 30-40 cm, yang asli bisa pesan dmana?takut kena tipu..tolong mas, dmana saya bisa dapetin bibit jati super asli?jzk

    • mas Reza ada dimana…, kalo beli bibit jati super bagusnya ke perusahaannya langsung PT. Monfori Nusantara. Saya ga tahu di tempat mas Reza ada perwakilan PT. Monfori apa ga. Minta hp mas Reza saja biar nanti saya kasih tahu ke temen saya yang kerja di PT. Monfori biar mas Reza ditelpon.

      • mas klo di yogyakarta ada tidak ya perwakilan PT. Monfori Nusantara???tolong ya mas aku dikasih tahu via sms alamat PT. Monfori ke no : 087839765477…makasih sebelumnya ya mas atas bantuannya

  5. ortu q pnya lahan jti super besarnya sekitar 10 hektar gtu. tpi nggk tau mau di jual dimana, trus untuk urusin surat2 tahahnya gimana?
    tlong donk……!!!

    • Mas Yudhy…tanaman jati supernya sudah umur berapa? Biasanya yang paling bagus dan memiliki nilai ekonomis adalah yang berumur 15 tahun ke atas, sementara untuk tanaman yang umur 7 atau 10 tahun belum memiliki nilai ekonimis meskipun kadang ada yang membutuhkan. Kebun jati mas Yudhy ada di daerah mana?, kalo bener itu tanaman jati super yang dibeli resmi seharusnya selain dapat dijual sendiri pemiliknya juga dapat pelayanan pasca panen dari produsen bibitnya. Coba nanti saya tanyakan temen saya yang di perusahaan jati super itu. Tentang pengurusan surat tanah….maksudnya sertipikat atau apa mas…, kalo betul yang dimaksud sertipikat ya pengurusannya ke BPN setempat dengan bawa data tanah dari desa. Gitu mas.

  6. ingin tanam 2000 batang berapa hektar yang lahan dibutuhkan, apabila secara normal tanpa penjarangan jarak tanamnya berapa x berapa meter?, secara tumpasari dengan pisang atau singkong bisa nggak ?

  7. aku rasa hal ini begitu menankjubkan…menanam pohon jati begitu menarik tuk berinvestasi…..soalx begitu byk orng yang menyukai jenis kayu ini……

  8. Mas,saya baru beli kebon jati namun tidak tahu apapun alias asal beli saja.bisakah minta nomor teleponnya?mohon balas via japri di email salafsholeh@yahoo.com

  9. pak saya mau tanya,saya punya lahan +/900m didaerah gunung kidul bantul yogyakarta,kalau saya tanam pohon jati berapa pohon yg bs ditanam dengan jarak berapa meter per pohon,terima kasih

  10. pak pada musim hujan banyak bibit jati jatuh dan tumbuh disekitar pohon tsb,apakah bibit bs tumbuh dan dipindahkan tempat dan langkah2 apa saja yg harus saya lakukan terima kasih

  11. BISA TOLONG BERI TAHU LAHAN YANG MURAH SOALNYA SAYA TERTARIK INGIN MENANAM JATI UNTUK INVESTASI MASA YANG AKAN DATANG. TERIMAKASIH TANGGAPANNYA DAN MOHON KRM KEEMAIL SAYA

  12. mohon petunjuk dan cara tanam jati merah dan kalau ada saya mau beli bibitnya untuk lahan 2 ha, tks

  13. Pak, saya berencana menanam pohon jati diatas lahan seluas 1000 m didaerah Wates, Yogyakarta. Berapa pohon yg bisa ditanami diatas lahan tersebut ? berapa jarak tanamnya ? Jenis pohon jati apa yang sesuai untuk daerah tsb ? dan dimana bisa membeli bibitnya ? mohon info dan sarannya. Terima kasih.

    Salam,
    Rini
    email : dindalisty07@yahoo.com

    • Populasi yang cukup baik (jarak tanam 3 x 3 m) adalah 1100/ha, jadi kalau mba Rini berencana menanam di lahan 1000 m2, maka populasi yang bisa ditanam adalah sekitar 110 pohon. Bisa juga dengan jarak tanam 2 x 2 m (populasi 2500/ha). Itu terserah mba Rini, hanya untuk jarak yang rapat maka pada umur tanaman 7 dan 10 tahun perlu penjarangan.
      Wah, banyak hal untuk menyebut jenis jati yang cocok untuk tanah tertentu. Karakteristik tanah dan kondisi wilayah sangat diperlukan. Untuk beli bibit jati, baiknya mba Rini akses di google saja : banyak kok ada PT Monfori, PT. Perhutani, Biotrop, dll.

  14. Mas, PT. Monfori Nusantara ada kantor cabang di daerah Sulawesi Selatan atau Sulawesi Barat gak ya? boleh minta nomor temannya ke saya: 081394144133.
    Terima kasih.

  15. pak, apakah menanam pohon jati bisa digabung/tumpang sari dg tanaman yg lain, kl bisa jenis tanaman apa.

    tks

    • Bisa. Tanaman jati bisa ditumpang sari dengan berbagai macam tanaman, khususnya tanaman berumur pendek dan pohon jati sebagai pohon utama belum memiliki kanopi yang menutupi tanah tempat tanaman tumpang sarinya. Jenis yang biasa menjadi tumpang sari adalah jagung, kacang tanah, padi gogo, atau tanaman hortikultura lain

  16. pak saya mau tanya . saya punya jati dulu haranya 2000 per pohon kira kira bagus gak ya kalo di tanam . daunya kecil2

    • Wah banyak hal yang bisa disebut bibit itu baik atau buruk, termasuk kondisi daun yang kecil karena ada kemungkinan jenis jati yang anda punya memang berdaun kecil. Tentang murah harganya juga, tidak menjadi patokan bahwa bibit itu jelek. Bibit yang anda belu hasil kultur jaringan atau dari biji ?

  17. Mau cari bibit jati dan gaharu u ditanam d lahan 2 ha. Dmn bs saya dapatkan bibit ny?

    • Kalau bibit jati banyak yang menjualnya, PT Monfori, Perhutani, dan banyak lagi. Bapak bisa telpon ke produsen tersebut, hanya saya kurang tahu apa di daerah anda ada perwakilannya. Kalau bibit gaharu saya kurang paham, setahu saya Departemen Kehutanan dulu pernah melakukan riset untuk hal tersebut.

  18. sy brencana menanam phon jati di pekarangan blkng rmh sy pak,,kira2 luas tanahnya +- setengah ha saja,,
    sy ingin mnt petunjuk anda,,
    1.Kira2 brp phon jati yg hrus sy tanam di tnh seluas itu pak? Kalo bs sih tanpa ada pemindahan pohon setelah umur 7 thn (jika brtahan slma itu pohon nya)
    2.brp kedalaman tanah utk menanam bibit phn jati itu?
    3.brp hari skali hrs diberi pupuk agar bibit jati tsb bs beradaptasi dgn tanah..
    4.lbh mudah mana ,lbh diminati yg mn oleh para pembeli kayu antara jati super,emas ,atau jenis lainnya pak..?
    Trmkasih pak,,msh bnyk prtnyaan lain sbnrnya sih..mngkin itu aj dlu :)

    • Sebenarnya kalau pak Agus baca agak lengkap tulisan saya, maka sudah dapat terjawab pertanyaan2nya. Khusus pertanyaan nomor 4 mohon maaf saya belum punya data statistik yang memastikan untuk hal tersebut. Tetapi yang pasti pasar pasti akan memilih kayu jati yang keras, lurus dan minim luka pada batangnya. Semakin lama pohon jati ditebang, semakin baik kekerasannya. Demikian pak, mudah2an dapat menjadi tambahan informasi

  19. saya punya pohon jati mau penjarangan perlukah pake surat ijin?

    • Pak Heri Susanto, tentang perlunya ijin penebangan kayu jati (dan kayu jenis lain) milik masyarakat sebenarnya hanya sebagai labelisasi saat penjualan kayu tersebut untuk pembeda dari hasil penebangan kayu hutan. Biasanya Dinas terkait (Dinas Kehutanan ?) akan memberikan Ijin Penebangan Kayu (IPK) jenis Non Kayu Hutan. Saya tidak tahu persis di tempat pak Heri apakah prosedur seperti ini sangat ketat dijalankan. Pengurusan ijin seperti ini pernah saya lakukan saat melakukan penebangan kayu karet di kebun masyarakat untuk persiapan replanting. Demikian pak !

  20. mas saya mau tanya harga bibit jati mas kira kira berapa?087855482466

  21. Beli bibit ke Balai Bibit di dekat Tajur Bogor harga + – Rp.7.000,- kalau dari perempatan Jagorawi Ciawi jurusan ke Kota Bogor kurang lebih 200 m di sebelah kiri

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: